Kamis, 13 Mei 2010

lemes

Latihan pada minggu lalu betul-betul mengecewakan. Para pemain seolah-olah terlihat baru kali pertama main bola. Kualitas passing jelek dan jauh dari standar. Pergerakan macet. Tidak ada koordinasi dan kerjasama. Masing-masing pemain main sendiri-sendiri dan sangat individual. Betul-betul mengecewakan.
Padahal sebetulnya kita hanya butuh 3 hal untuk menjadi tim yang cukup bagus. Ya, hanya 3 hal. Nggak usah-neko-neko lah. Terapkan dengan disiplin 3 hal tersebut, insyallah kita akan jadi tim yang cukup bagus.
Pertama, cari ruang. Cari ruang! Cari ruang! Cari ruang! Para pemain, terutama yang berada di sekitar pembawa bola, harus selalu berada pada posisi yang terbuka untuk bisa menerima passing. Seperti kalau bermain kucing-kucingan. Lakukan ini dengan disiplin sejak menit 1 sampai menit terakhir pertandingan. Untuk bisa melakukan ini, setiap pemain harus dinamis dan senantiasa melakukan pergerakan-pergerakan. Tidak boleh hanya diam menunggu umpan. Harus proaktif. Cari ruang untuk bisa diberi umpan. Terus konsentrasi dalam melakukan pergerakan-pergerakan. Jangan pernah merasa lelah untuk melakukannya. Mudah kan? Sederhana kan?
Adapun bagi pembawa bola, kalau ada teman yang kosong dan berada pada posisi yang bagus, umpankan bola ke dia. Jangan malah bolanya dibawa sendiri merangsek ke sarang musuh tanpa bantuan yang cukup. Itu namanya cari kesulitan. Kalau bisa mudah, kenapa mempersulit diri? Kenapa? Kenapa? Kenapa? Setiap kita harus percaya kepada teman kita, sebagaimana kita juga ingin dipercaya. Kalau teman kita kosong dan dalam posisi yang bagus untuk diberi umpan, kasih dia bola. Soal dia nanti ternyata gagal mengolah bola, itu bukan soal. Setiap orang berpotensi untuk melakukan kesalahan. Yang penting kita sudah bertindak yang benar dari sisi strategi dan taktik bermain bola. Ngerti nggak? Paham nggak?
Kedua, menyebar, merentang. Jaga jarak antar pemain. Jangan bermain terlalu rapat. Manfaatkan luas lapangan. Kenapa sih? Jawab: untuk mengurangi pressing lawan pada tim kita, sehingga kita bisa memiliki ruang-ruang yang cukup leluasa untuk bisa memainkan bola. Hindari berkerumun. Lakukan ini sepanjang pertandingan, kecuali pada satu keadaan: ketika kita bertahan di kotak pertahanan kita (dimana kita boleh berkerumun untuk menciptakan compactness). Bisa dimengerti kan? Gini aja kok sulit amat sih?
Ketiga, agar hal kedua diatas bisa berjalan baik, kita harus bisa menendang bola dengan keras dan mengontrolnya pula dengan baik. Jangan ada yang nendangnya kluthak-kluthik. Mak kluk. Lembek tak bertenaga. Nggak nyampe ke sasaran. Kalau masih begitu sih… jangan berharap kita bisa bermain bagus. Terus sebagai tambahan, dalam permainan utamakan bola bawah (menyusur tanah) karena bola bawah lebih mudah dikontrol. Baru kalau kita perlu melewatkan bola diatas lawan atau nendang dengan jarak yang jauh, kita boleh pakai bola lambung. Ngerti kan?
Sudah. Tiga itu saja. Nggak usah neko-neko lah. Kalau kita sudah bisa tiga itu saja, insyaallah permainan kita sudah lumayan. Tidak memalukan lah. Ayo, kita pasti bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar